1.
Struktur Organisasi Pondok
Organisasi merupakan
suatu bentuk hubungan kerjasama yang harmonis dan didasarkan atas tanggung
jawab untuk mencapai tujuan bersama. Untuk mereaktualisasikan
suatu rencana, tujuan yang telah ditetapkan, maka diperlukan
pengaturan-pengaturan yang tidak saja menyangkut wadah di mana
kegiatan-kegiatan itu dilaksanakan, namun juga aturan main (roles of games)
yang harus ditaati oleh setiap orang dalam organisasi.
Keberadaan organisasi
di lembaga pendidikan merupakan hal yang penting (urgent).Dengan kata
lain, Organisasi yang baik seluruh tugas dan tanggung jawab akan mudah dan
cepat teratasi. Begitu juga di pondok
pesantren Ma’hadul Ilmi Asy Sar’ie (MIS) Karangmangu Sarang Rembang, adanya struktur dan pembagian kerja yang jelas merupakan suatu keharusan.
Tanpa adanya pembagian kerja atau
tugasmaupun progam, para pelaksana tidak memiliki pedoman kerja yang jelas dan
tegas sehingga pemborosan dan tumpang tindih akan mewarnai pelaksanaan suatu
rencana yang akibatnya adalah kegagalan dalam mencapai tujuan.
Adapun susunan
keorganisasian di pondok pesantren Ma’hadul Ilmi Asy Sar’ie (MIS) meliputi susunan
khusus (elitis) dan susunan umum/harian.
1.
Kepengurusan elitis pondok pesantren MIS yang
menduduki nomor wahid adalah pengasuh. Pengasuh didalam pondok adalah sentralisasi
dari seluruh elemen manajemen pondok pesantren, diteruskan oleh pembina, penasehat
dan ketua umum yang berada diatas dari segala otoritas yang berjalan kusus
dipondok pesantren.
2.
Kepengurusan umum/harian setelah itu ada beberapa susunan kepengurusan yang orientasinya membantu kepengurusan elit,
yaitu meliputi seksi ketua pondok,wakil ketua pondok, sekretaris,
bendahara, ustazd, seksi dewan ma’arif,
seksi muhadloroh, seksi lbm dan perpustakaan, seksi ubudiyyah, seksi meding,
seksi musyawaroh, seksi badan usaha milik pondok (BUMP), seksi makbaroh, seksi
pembangunan, seksi keamanan, seksi humas, seksi kebersihan, seksi
penerangan, seksi pengeras suara, seksi pengairan dan seksi ketua komplek.
Gambar 4.2
STRUKTUR
KEPENGURUSAN KHUSUS POND. PEST. MA’HADUL ILMI ASY SYAR’I
Karangmangu Sarang Rembang Jawa Tengah
PENGASUH
|
KH. ABDUROZAQ / KH.M.
ROGHIB MABUR
PEMBINA
KH. ROSIKH. KH. MUSLIH MAHMUD. KH. ZAKI ALAWI. AGS. MISBAHUL. MUNIR
|
PENASEHAT
AGS. IMAM BAIHAQI AGS. SYAHID UMAR/KH. ABDUL
GHOFUR/AGS. H. IBNUL MUBAROK
|
KETUA UMUM PONDOK
|
Tabel 4.1
Struktur Pengurus Harian Pondok
Pesantren Ma’hadul IlmiAsy Syar’ie Karangmangu Sarang Rembang Jawa Tengah
Priode 2015-2016M
JABATAN
|
NAMA
|
ALAMAT
|
Ketua pondok
|
Ust. Abdurrohman Harun
|
Cirebon
|
Wakil Ketua
|
Ust. Faqih Ali Muzakky
|
Trenggalek
|
Sekretaris I
|
M. Misbachussyarif
|
Demak
|
Sektretaris II
|
Roihani
|
Grobogan
|
Bendahara I
|
Ust. Sholihul Hadi
|
Demak
|
-
|
||
Dewan Ma’arif
|
Ags. H. Rofiqul Umam
|
Ngawi
|
Wakil Ma’arif
|
Ust. Suluhi
|
Pemalang
|
Koor. Muhadloroh
|
Ust. ags rubait burhan
|
Trenggalek
|
Wakil Koor. Muhadloroh
|
Ust. Agus Muafa Kholil
|
Demak
|
Koor. Lbm dan Perpustakaan
|
Ust. Rubait Burhan Hudaya
|
Ngawi
|
Anggota
|
Ust. Fahmi Ulum
|
Jepara
|
Koor. Ubudiyah
|
Ust. Solikhin
|
Rembang
|
Wk. Koor. Ubudiyah
|
Ust. Ags. Rosyad Kamal
|
Rembang
|
Koor. Mading
|
Ust. Ibnu Hajar
|
Cirebon
|
Wk. koor. Mading
|
Ust. Sholeh Mudlofar
|
Demak
|
Koor. Musyawaroh dalam
|
Ust. Faqih Ali Muzakky
|
Trenggalek
|
Wk. Musy. Dalam
|
Ust. Syamsudin
|
Madura
|
Anggota Ma’arif
|
Ust. Amin
|
Pati
|
Anggota
|
Ust. Salafi
|
Subang
|
Anggota
|
Ust. Arif Hidayat
|
Jepara
|
Anggota
|
Ust. Fatih Wildan
|
Tuban
|
Koor. BUMP
|
Ags. Baidlowi
|
Karangmangu
|
Dewan Keamanan
|
Ust. Abdulloh Ma’sum
|
Trenggalek
|
Wakil Keamanan
|
Umar Ulin Nuha
|
Grobogan
|
Anggota Keamanan
|
Al Muharrom
|
Probolinggo
|
Anggota
|
M.Wildan
|
Cirebon
|
Anggota
|
Khoirul Ansah
|
Demak
|
Anggota
|
Arif Fauzi
|
Sarang
|
Anggota
|
Nur Habib
|
Tuban
|
Anggota
|
Sunardi
|
Grobogan
|
Anggota
|
Nurul Huda
|
Grobogan
|
Anggota
|
Nayyifurrofi’
|
Demak
|
Anggota
|
Fauzy Syarif
|
Grobogan
|
Anggota
|
Robeth Musthofa
|
Magelang
|
Anggota
|
||
Humasy & Inventaris
|
Uud solahudin
|
Tuban
|
Anggota
|
M. Najib
|
Blora
|
Juru Kunci Stumbun
|
Abdul Mujib
|
Rembang
|
Penerangan dan Pengeras Suara
|
Ust. Eko wahyuddin
|
Trenggalek
|
Anggota
|
Warsono
|
Grobogan
|
Anggota
|
Ilfa’ul Fahmi
|
Semarang
|
Koor. Pengairan
|
Hamid Baidlowi
|
Grobogan
|
Anggota
|
Khotibul Umam
|
Pati
|
Anggota
|
Ulin Nuha
|
Demak
|
Anggota
|
Widyo Hadi
|
Blitar
|
Koor. Pembangunan
|
Ade Fathurrohman
|
Cirebon
|
Anggota
|
Mabrur Saelani
|
Cirebon
|
Anggota
|
Romadhon Faizin
|
Pemalang
|
Koor. Kebersihan
|
Abdul Aziz
|
Cirebon
|
Anggota
|
Ali Musthofa
|
Rembang
|
Anggota
|
Hasan Ramuzi
|
Cirebon
|
Anggota
|
Fathuddin
|
Pemalang
|
Ketua Kompek A
|
Zubaidi Abbas
|
Cirebon
|
Ketua Kompek B
|
Hibatulloh
|
Cirebon
|
Ketua Kompek C
|
M. Yusuf Muhtadi
|
Cirebon
|
Ketua Kompek H
|
M. Sukron Muslim
|
Grobogan
|
Ketua Kompek G
|
Ala’uddin
|
Jepara
|
Ketua Kompek PR
|
Miftah Abdurrohman
|
Magelang
|
Sumber : dokumentasi
pondok Pesantren Ma’hadul ‘ilmi Asy Syar ie (MIS)
2.
Keadaan Ustadz
Ustadz merupakan salah
satu faktor yang sangat menentukan agar tercapai suatu keberhasilan pendidikan
dan bertanggung jawabdalam pembentukan kepribadian santri. Disamping itu ustadz
diberi amanat oleh pengasuh pondok/kiai yang tidak secara langsung juga diberi
amanat oleh wali santri serta dipercaya oleh masyarakat untuk mendidik dan
mengarahkan perkembangn rohani para santri, sehingga ustadz dituntut untuk
mempunyai komitmen dan loyalitas yang tinggi dalam profesinya, serta
bertanggung jawab terhadap kelangsungan pendidikan yang ada didalam pondok
pesantren.
Menurut tingkat pendidikannya , jumlah ustadz yang ada di pondok pesantren Ma’hadul Ilmi Asy
Sar’ie (MIS) Karangmangu Sarang Rembang pada tahun pelajaran 2015-2016M
berjumlah 32 orang dengan rincian
sebagai berikut: 21 bermukim di pondok (masih mondok),11 bermukim di kampung
(bertempat tinggal). Ustazd pondok pesantren MIS semuanya alumni
lulusan Madrasah diambil dari yang terbaik nilainya, dengan atas rekomendasi
dari para pembimbing dan penasehat pondok MIS dengan beberapa pertimbangan yang
telah dilakukan oleh pengasuh.
Tabel
4.2
DATA
PENGAJAR/ASATIDZ
PONDOK
PESANTREN MA'HADUL 'IMI ASY-SYAR'IE (PP.MIS)
Karangmangu
Sarang Rembang Jawa Tengah
PERIODE
2015-2016 M
NO
|
NAMA
|
SETATUS
|
ALAMAT
|
1.
|
Ust. Ags. Baidlowi
|
Pondok
|
Karangmangu
|
2.
|
Ust. Abdurrohman
Harun
|
Pondok
|
Cirebon
|
3.
|
Ust. Faqih
Ali Muzakky
|
Pondok
|
Trenggalek
|
4.
|
Ust. Sholihul
Hadi
|
Pondok
|
Demak
|
5.
|
Ust. Ags. H.
Rofiqul Umam
|
Pondok
|
Ngawi
|
6.
|
Ust. Suluhi
|
Pondok
|
Pemalang
|
7.
|
Ust. M.Eko
Wahyuddin
|
Pondok
|
Trenggalek
|
8.
|
Ust. Agus
Muafa Kholil
|
Pondok
|
Demak
|
9.
|
Ust. Rubait
Burhan Hudaya
|
Pondok
|
Ngawi
|
10.
|
Ust. Fahmi
Ulum
|
Pondok
|
Jepara
|
11.
|
Ust. Solikhin
|
Pondok
|
Rembang
|
12.
|
Ust. Ags.
Rosyad Kamal
|
Pondok
|
Rembang
|
13.
|
Ust. Ibnu
Hajar
|
Pondok
|
Cirebon
|
14.
|
Ust. Sholeh
Mudlofar
|
Pondok
|
Demak
|
15.
|
Ust.
Syamsudin
|
Pondok
|
Madura
|
16.
|
Ust. Amin
|
Pondok
|
Pati
|
17.
|
Ust. Salafi
|
Pondok
|
Subang
|
18.
|
Ust. Arif
Hidayat
|
Pondok
|
Jepara
|
19.
|
Ust. Fatih
Wildan
|
Pondok
|
Tuban
|
20.
|
Ust. Khoirul
Amiin
|
Pondok
|
Jepara
|
21.
|
Ust. Ali
Ustman
|
Pondok
|
Pemalang
|
22.
|
Ust. M.
Syafi’i
|
Pondok
|
Sarang
|
23.
|
Ustazd Ags. Hidayatullah
|
Pondok
|
Sarang
|
24.
|
Ust. Syakir Ma’ruf
|
Kampung
|
Tuban
|
25.
|
Ust. Ulin Nuha
|
Kampung
|
Sarang
|
26.
|
Ust. Mukhlisin Sholeh
|
Kampung
|
Kragan
|
27.
|
Ust. Imam Jazari
|
Kampung
|
Sarang
|
28.
|
Ust. Akhyari
|
Kampung
|
Sarang
|
29.
|
Ust. Imam Asmu’i
|
Kampung
|
Sarang
|
30.
|
Ust. Imam Kholil Zuhdi
|
Kampung
|
Sarang
|
31.
|
Ust. M. Aniq
|
Kampung
|
Sarang
|
32.
|
Ust. Achmad Agus Rifa’i
|
Kampung
|
Tuban
|
3. Keadaan santri
Santri sebagai
obyek/peserta didik didalam pondok pesantren, yang mempunyai sifat-sifat aktif
dan kreatif serta dinamika tersendiri.Santrikebanyakan datang dari penduduk
desa yang ada diberbagai kota dan pulau.
Tipe santripondok Pesantren Ma’hadul Ilmi Asy Syar ie (MIS) sebagai berikut: lebih hormat
dan santun kepada kiai, guru dan
seniornya yang lebih umum kepada masyarakat,santri
senior tidak melakukan tindak kekerasan pada yuniornya, hukuman
atau sanksi yang dilakukan biasanya bersifat non-fisikal seperti dihukum
mengaji atau menyapu atau mengepel, dll, dalam
keseharian memakai sarung, berafiliasi
kultural ke Nahdlatul Ulama (NU) dengan ciri khas seperti fikh bermadzhab Syafi’i, akidah tauhid
Asy’ariyah Maturidiyah, tarawih 20 raka’at plus 3 rakaat witir pada bulan
Ramadan, baca qunut pada shalat Subuh, membaca tahlil pada tiap malam Jum’at,
peringatan Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, sistem
penerimaan tanpa seleksi, setiap santri
yang masuk langsung diterima sedangkan
penempatan kelas sesuai dengan kemampuan dasar ilmu agama yang dimiliki
sebelumnya.
Dalam
memahami kitab bahasa Arab santri MIS memakai sistem
makna gandul, juga memiliki kualitas keilmuan yang
berbeda dengan santri pondok modern antara lain sebagai berikut:
1.
Menguasai
kitab kuning atau literatur klasik Islam dalam bahasa Arab dalam berbagai
disiplin ilmu agama.
2.
Menguasai
ilmu gramatika bahasa Arab atau Nahwu, Sharaf, balaghah (maany, bayan, badi’),
dan mantiq secara mendalam karena ilmu-ilmu tersebut dipelajari serius dan
menempati porsi cukup besar dalam kurikulum pesantren salaf di samping fikih
madzhab Syafi’i.
Pondok pesantren MIS didominasi oleh santri yang mondok disbanding santri kalong, santri pondok yaitu; menuntut ilmu di pesantren tersebut dengan menginap di asrama yang telah
tersedia, hal ini disebabkan karena sebagian besarpara santri berasal dari
penduduk luar kota yang jauh dari pondok pesantren MIS. Santri kalongyaitu;istilah untuk para santri yang tidak mondok di asrama.Para orang tua santri
memiliki pekerjaan yang beragam; PNS, petani, buruh tani, wiraswasta dan
pedagang, dengan latar belakang ekonomirata-rata menengah kebawah.
Dari sejak berdirinya pondok pesantren
Ma’hadul ‘ilmi Asy Syar ie (MIS), masih berjalan tetap fine-fine saja, ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarkat terhadapa pondok pesantren
Ma’hadul ‘ilmi Asy Syar ie (MIS)sangat baik.
Santri yang belajar di
pesantren Ma’hadul Ilmi Asy Sar’ie (MIS) baik putra maupun putri kebanyakan
bersekolah diluar pondok yang antara
lain di Madarasah Ghozaliyyah Syafi’iyyah, Madrasah Putri Ghozaliyyah, Madrasah
Syuaibiyyah Ghozaliyyah, dan selain yang tidak bersekolah di madrasah-madrasah
tersebut wajib mengikuti kegiatan sekolah yang ada di pondok yaitu Muhadloroh.
Santri pesantren
Ma’hadul Ilmi Asy Sar’ie (MIS) Karangmangu Sarang Rembang pada tahun pelajaran
2015-2016M berjumlah 538 orang,
yaitu dengan rincian: 433 santriwan (L) dan 105 santriwati (P), dan
berikut data hasil rekapitulasi santri di pondok pesantren Ma’hadul Ilmi Asy
Sar’ie (MIS) Karangmangu Sarang Rembang pada tahun pelajaran 2015-2016M.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar